Ribuan anak muda dari Kota Bandung dan kota-kota lain di Jawa Barat bahkan Indonesia membuat antrean sepanjang 500 meter di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Sabtu (7/10/2017). Mereka berduyun-duyun mengantre untuk mengikuti audisi Indonesian Idol 2017.

Bandung merupakan kota keempat yang menggelar audisi Indonesian Idol 2017. Sebelumnya audisi telah berlangsung di Kota Yogyakarta 18—19 September 2017, Medan 23—24 September 2017, dan Surabaya 30 September—1 Oktober 2017. Setelah Kota Bandung, audisi teraksi akan digelar di DKI Jakarta pada 14—16 Oktober 2017.

Para peserta audisi Indonesian Idol 2017 di Kota Bandung tak hanya berasal dari Kota Parijs van Java, tetapi banyak pula dari kota-kota lain di Indonesia, seperti Denpasar, Bali; Medan, Sumatera Utara; Lampung, Kalimantan, Ambon, dan lain-lain.

“Audisi di Kota Bandung juga berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 7—8 Oktober 2017. Hari pertama audisi untuk menyeleksi calon idola. Setelah diperoleh sejumlah calon, mereka diaudisi lagi untuk menjadi wakil dari Kota Bandung yang berangkat ke Jakarta,” kata Media Relation Divisi Corporate Secretary (Corsec) RCTI Chambara Sumantri Putra, Sabtu (7/10/2017).

Selain di kota besar tersebut, RCTI dan Fremantle Media juga menggelar audisi di 13 kota lain. Ke-13 special city audition tersebut antara lain, Malang, Semarang, Purwokerto, Cirebon, Sukabumi, Kupang, Palembang, Padang, Manado, Makassar, Ambon, Banjarmasin, dan Balikpapan.

“Special city audition merupakan audisi khusus. Pendaftar dapat mengirimkan compact disc (CD) rekaman menyanyi kepada radio-radio lokal yang menjadi rekanan Indonesian Idol 2017. Selanjutnya diseleksi oleh tim Indonesian Idol,” ujar Chambara.

Syarat untuk mengikuti audisi, tutur Chambara, pria—wanita berusia 16—27 tahun, berkepribadian menarik, belum pernah rekaman album rekaman komersial, WNI atau keturunan Indonesia atau telah tinggal di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut, dan bersedia menjalankan proses audisi hingga selesai.

Proses big audition, menurut Media Relations Divisi Corsec RCTI Ulul Azmi, terdiri atas tahap prescast, registrasi, videobooth, dan judging. Para peserta yang lolos pada Special City Audition dan Big Audition  di tiap kota akan melaju ke babak judging. Pada babak judging, peserta dinilai oleh juri utama Indonesian Idol untuk memperebutkan golden ticket untuk melangkah ke babak selanjutnya, yaitu eliminasi, live showcase, top 14, dan spektakuler Indonesian Idol 2017.

“Jadi dalam audisi dua hari ini belum bicara juri. Kami hanya mengundang Bunga Citra Lestari atau BCL sebagai special guest,” ujar Azmi.

Antonius, salah seorang peserta audisi Indonesian Idol 2017, dari Kota Medan, Sumatera Utara, mengaku sengaja datang ke Bandung hanya untuk ikut audisi. Dia bercita-cita menjadi penyanyi terkenal.

“Saya mengidolakan Freddie Mercury dan menyukai genre musik rock,” kata Antonius. Dia kemudian membuktikan bakatnya berolah vokal dengan menyanyikan lagu I Want to Break Free milik band legendaris Queen itu.