Kota Bekasi, Putihhitam.com – Lemahnya pengawasan pada proyek pembangunan infrastruktur yang dibiayai APBD Kota Bekasi disoroti serius oleh elemen masyarakat.

Seperti salah satunya proyek di wilayah Bekasi Timur di Jalan pulo Jawa  yang di KERJAKAN oleh PT. PRIMA SHINA CAHAYA, dengan nomer SPK 602.1/359/SP.20.14/DINAS PUPR.1, Hasil Dari Lelang Melalui Elektronik (LPSE), dengan sumber anggaran dari APBD Kota Bekasi Tahun 2017, yang menelan anggaran Rp. 3.547.000.000,00 .
Dua item saluran dan pengecoran jalan .

. Karena saat proses pengerjaan di lokasi, tidak nampak hadir Pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK)
konsultan supervisi dan juga personel Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) bidang. Sumber daya air (SDA).

Diketahui sebelumnya bahwa dalam beberapa kali pantauan awak media , plaksanaan proyek tersebut diduga banyak kejanggalan.
Di karenakan Lemahnya pengawasan dari pihak dinas  waktu pada saat pelaksanaan berjalan.

Simon G selaku warga aren Jaya kecamatan Bekasi Timur. menjelaskan ke awak media. adanya kejagalan waktu pada saat plaksanaan pengecoran jalan streking 2 terlihat dengan hasil rakitan besi sudah salah. sekang atau pengunci dowel terlihat tertidur dan yang seharusnya tegak.

Dan saya juga liat LPA untuk pemadattan  tidak di wales lagi Apakah itu sudah maksimal. Yang di kuwatirkan nanti saat dilintasi beton akan ambles.”bebernya

Lanjunya simon G  menjelaskan
Diduga pihak Dinas dan Kontraktor kongkalikong untuk bersama sama melakukan perbuatan curang. Karena pada saat pelaksanan tak nampak salah satu pengawas baik dari dinas PUPR bidang sumber daya air (SDA)maupun dari konsultan/supervisi.

Sesuai dengan yang tertuang dalam Undang Undang KPK, dalam pasal 7 ayat(1) UU huruf a dan b nomer 20 tahun 2001, Pemborong melakukan perbuatan curang dan Pengawas Dinas terkait melaku kan Pembiaran perbuatan curang, maka dapat di kategorikan korupsi.”terangnya

Terpisah, sebelumnya kepala dinas( PUPR) kota Bekasi TRI adhianto waktu di wawancara awak media di Halaman kantor PUPR . pengenai pungsinya pengwas/peltek dalam pengawasan .TRi menegaskan bahwa setiap adanya kegiatan pengawas dan peltek harus Hadir di karenakan waktu pada saat serah trima pekerjaan juga harus dihadiri pengawas dan peltek,” tegasnya

 

Reporter : DENI